Selamat Berbelanja

Taukah Kamu Siapa, TIM BERNERS-LEE ???


Begitu membuka Internet, kita pasti langsung menuliskan WWW(Word Wide Web) pada kolom pencarian. Pak Tim Berners-Lee selalu mengingatkan bahwa WWW bukan internet. Internet adalah sistem jaringan komputer. Sementara WWW adalah kumpulan berbagai informasi yang dikirim melalui internet. Siapakah beliau???
Sekilas Info
Pak Tim Berners-Lee lahir pada tanggal 8 Juni 1955 di London, Inngris. Orang tuanya yang ahli matematika bekerja di sebuah perusahaan komputer. Mereka mengajarkan padanya kalau matematika itu asyik. Makanya, Pak Tim suka matematika. Lalu. Saat kuliah Pak Tim belajar fisika. Akhirnya, ia menekuni fisika hingga kini.
Ketika berusia 11 tahun, sekolah Pak Tim terletak di antara dus rel kereta api. Setiap hari, ia mengamati kereta api yang lalu lalang. Ia lalu memiliki model railway atau kereta api dan rel miniatur. Pak Berners-lee kemudian membuat perangkat elektronik untuk mengendalikan kereta api itu. Akhirnya, ia lebih suka utak-atik elektronik dari pada main kereta api. Sewaktu kuliah di Universitas oxfor di Inggris, ia pernah membuat komputer dari televisi bekas.

Akhirnya, WWW pun Lahir
Tahun 1989 Pak Berners-Lee menciptakan WWW. Saat itu, ia bekerja di CERN, laboratorium fisika partikel terbesar di dunia. Di CERN, ada ribuan ilmuan dari berbagai negara. Mereka membawa komputer sendiri dengan aneka program yang berbeda. Keadaan itu sungguh merepotkan ketika harus mencari informasi dari satu komputer kekomputer lainnya. Karena itulah, Pak Berners-Lee menciptakan WWW. Berkat ciptaannya itu, setiap orang dapat mengakses berbagai informasi denga lebih mudah.
Pak Berners-Lee membebaskan WWW dipakai siapa saja. Ia tidak mengambil keuntungan atau royalti. Ia juga tidak memiliki hak paten, yaitu hak penemu atas penemuannya. Menurutnya, WWW akan berkembang, jika bebas digunakan siapa saja. Tindakannya yang rendah hati itu dianugrahi berbagai penghargaan dan gelar bangsawan dari kerajaan Inggris.
Kini, Pak Berners-Lee memimpin World Wide Web Consortium (W3C) dan World Wide Web Foundation, yaitu lembaga-lembaga internasional yang mengembangkan web. ia berharap WWW digunakan dengan bijaksana agar menjadi alat komunikasi yang membantu manusia untuk saling memahami.
Menurut Pak Tim Berners-Lee,
Siapapun bisa menciptakan program komputer dan internet yang mudah dan asyik. Syaratnya, imajinasi yang tak terbatas dan ilmu-ilmu fisika. Ia bilang, cbalah berkhayal komputer melakukan tindakan tertentu. Dari khayalan itu, kita terpacu untuk menciptakan program yang membuat komputer melakukan tindakan itu. Apakah kamu tertantang..... ???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar