Selamat Berbelanja

JIMMY DONAL WALES, Siapakah Dia???


Dulu ensiklopedia  merupakan bacaan anak-anak oarang kaya. Ya, sebab buku ensiklopedia harganya sangat mahal. Namun, berkat jasa pak Jimmy, ensiklopedia kini bisa dibaca siapa saja dengan gratis.

Apa yang Beliau Lakukan dengan Ensiklopedia?
Pak Jimmy Wales telah membuat ensiklopedia di internet, yang lebih kita kenal Wikipedia. Beliau ingin semua orang di seluruh dunia bisa membaca ensiklopedia dengan gratis dan semua orang di dunia bisa mendapatkan seluruh ilmu pengetahuan. Selain itu beliau juga ingin setiap orang bisa membagi ilmu pengetahuannya ke semua orang lewat wikipedia.

Tentang Wikipedia
Wikipedia dimulai pada 15 Januari 2001. Waktu itu isinya masih dalam bahasa Inggris. Baru pada tahun 2003, dimulailah dimulailah wikipedia dalam bahasa Indonesia. Saat ini wikipedia sudah disajikan lebih dari 250 bahasa. Termasuk bahasa Jawa, Aceh, sunda, Banyumasan, Bugis, dan basasa daerah lainnya.
Wikipedia berasal dari kata wiki yaitu sebuah situs internet yang menggunakan tegnologi wiki, dimana situs ini memperbolehkan penggunanya membuat artikel baru, menambah, dan mengubah isi situs tersebut sesuai dengan bidang yang diminati. Program wiki dibuat oleh programmer Ward Cunningham tahun 1995. Wikipedia berarti ensiklopedia yang diperbaharui dengat cepat karena siapapun bisa ikut menyunting isinya. Kini sudah lebih dari 13.000 orang menyumbang tulisan aktif. Mereka mengerjakan sekitar 7 juta artikel dalam 250 bahasa. Setiap hari, ada ratusan ribu orang dari seluruh dunia membuat ribuan artikel baru untuk dimasukan ke wikipedia.
Tentang Pak Jimmy Donal Wales
Beliau adalah orang Amerika yang lahir pada 7 Agustus 1966 di Huntsville, Alabama, Amerika Serikat. Beliau sekolah di SD swasta kecil yang dikelola oleh ibu dan neneknya. Teman sekelasnya hanya ada 4 anak. Karena jumlah muridnya sedikit, mereka bebas memilih mata pelajaran yang mereka sukai. Beliau sering menghabiskan waktunya untuk berlama-lama membaca buku ensiklopedia britannicas dan world book encyclopedias. Beliau bukanlah seorang ahli komputer. Beliau lebih jago dalam bidang bisnis keuangan. Beliau memanfaatkan teknologi internet untuk mendirikan situs Nupedia.com, setelah beliau keluar dari perusahaan saham. Kini profesi pak Wales adalah pengusaha internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar